Start from P or F ?

Menurut gue hobi sama cita-cita itu berbeda, tapi ini sih pandangan gue sendiri ya..

Gini, cita-cita adalah impian yang harus kita capai dan kita wujudkan, tetapi hobi adalah sebuah kegiatan atau kebiasaan yang dilakukan dengan sepenuh hati. Tapi gue pernah denger juga, “Cari cita-citamu yang berkaitan dengan hobimu, agar ngejalaninnya pake hati”. Ya! Memang bener. Tapi *lagi-lagi tapi* mempunyai cita-cita yang sama sekali gak berkaitan dengan hobi gak masalah kan?

Dan sepertinya kali ini gue akan bahas hobi.

Hobi?

Setiap ada form gue biasanya mengisi kolom hobi dengan kegiatan menonton TV. Kegiatan tersebut yang tiba-tiba muncul setiap ketemu kolom hobi. Semakin kesini.. jadi agak malu buat mengisi kolom hobi dengan ‘menonton TV’, kayaknya keliatan pemales banget. Apa ajaaa di TV gue tonton, selain FTV dan kartun. Setiap libur gue selalu standby, dan kalo dibandingkan dengan handphone gue lebih pro ke TV sih hehee. Yaa karena handphone gue juga sepi wkwkkw *jadi malah curhat*.

Pernah disatu titik gue ngerasin bosen banget, dan alhasil gajelas dikamar. Kalo gabut dikamar palingan gue suka buka-buka kenangan lama hahaa. Kayak kertas-kertas binder SD, baca-baca Dairy SD sampe SMA, kumpulin surat-surat dari temen-temen, jadi ngakak sekaligus mengenang cerita yang pernah gua lewatin.

Bosen ngelakuin itu, gue buka-buka buku sketch dan gue coba-coba design baju. Untuk gambar-gambar baju, itu udah gue mulai dari SD. Dulu yang gue inget pas SD, ngedesign bajunya dibuku tulis bagian belakang. Tapi sayangnya gue gak nemuin kertas-kertas gambar gue pas SD. Tapi yang gue inget, gue mendesignnya selalu baju Kimono, Tanktop, sama Dress motif bunga-bunga.

Gue juga seneng banget bikin baju buat Barbie. Kain percak sisa jahitan suka gue sambung-sambung terus gue jahit pake tangan. Dan anehya lagi kalo bikin baju Barbie, selain pake sisa kain percak bahan yang gue pake biasanya kantong kresek. Dan pura-puranya itu jas hujan untuk Barbie.

 Gini-gini gue udah bisa jahit dari SD lhooo *sombong*, soalnya gue suka liatin nyokap. Ditambah lagi kalo liburan, gue suka main ke rumah Uwa gue yang kebetulan Designer. Gue suka liatin beliau menjahit. Tapi gue gak pernah boleh buat coba mesin jahitnya, katanya belajar jahit pake tangan dulu, baru belajar pake mesin. Mungkin bahaya juga, karena jarumnya udah otomatis.

Saat-saat itu, kalo ketemu buku sketch gue jarang buat nulis-nulis lagi, jadi malah design-design baju. Awal belajar tarik garis bikin design dari Youtube, biar punya gambaran. Waktu pertama buat coba dengan langkah-langkah yang benar agak susah juga sih. Karena selama ini gue main gambar-gambar aja. Sekarang seenggaknya mulai tau sedikit demi sedikit. Dan ditambah lagi, sekarang fashion hijab sudah berkembang banget. Jadi punya gambaran buat imajinasi bikin design baju keinginan sendiri. Seenggaknya kalo apa yang kita inginkan sesuai dengan yang kita harapkan.

Design by me (Ig : saviraw)


Kalo untuk menjahit sendiri dan dipake untuk pergi atau sehari-hari gue belum berani. Belum pede juga dengan hasil jahitan sendiri hehee.

Menurut gue saat yang tepat juga, hari-hari selesai UN untuk ngisi waktu dengan beberapa kegiatan yang bermanfaat dibanding standby terus di depan TV. Nyokap memberikan mesin jahit untuk mendukung kegiatan gue. Katanya “Perempuan itu harus punya keterampilan. Minimalnya bisa masak, bisa jahit, pinter ngitung, jago Olah raga, dan bisa bersih-bersih. Biar berguna buat orang lain, dan gak dianggap remeh.” All right!  

Dan baru pertama kali nyoba, yang 100% mulai dari bikin pola sampe finishing sendiri. Saat mulai bikin pola gampang-gampang susah sih, karena itu sudah kedesign dengan keinginan sendiri. Waktu jahit satu-satu bagiannya yang menguji kesabaran. Apalagi waktu sedang percobaan benang nyangkut dimata jarum, sampe-sampe kainnya juga ikut nyangkut. Ngebetuliannnya sampe keringetan parahh *emang bener*, deg deg an takut mesinnya rusak wkwkk. Dan waktu mau ganti benang, dan harus di spool, benangnya malah ngelilit besi dibawahnya. Makin semerawut gue. Dan seketika waktu semua selesai, kamar tersulap jadi work place hahaa.


Kimono Loose Cardigan made by me

Ternyata bikin baju gak semudah yang dibayangkan. Dan wajar aja kalau harga baju sesuai dengan kualitasnya. Karena semakin detail semakin mahal.

Untuk kedepannya, gue pingin punya butik sendiri. Yaa butik itu ada untuk menyalurkan hobbi gue. Gak salah dong, kalo seorang Reporter dan E.O punya mimpi membuka butik? Gue udah kepikiran juga buat nama label dari baju nya nanti hehhee. Gak papa lah ya udah mikirin dari sekarang, semoga bisa cepat terwujud. Aamiin..

“Sesungguhnya, Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum bila bukan kaum itu sendiri yang merubahnya.” Rubahlah kebiasaan yang membuat kita menjadi tidak berkembang, dan jadilah diri yang dapat berguna dan bermanfaat untuk orang banyak.

Ira 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan Pertama, cukup?

Sunsilk Hijab Hunt 2016 (throwback)

I Choose to be Event Organizer