TRIP : KAWAH IJEN

00:00 Pagi (Rabu, 23 Desember 2015)

Kita siap-siap untuk tracking ke Ijen. Jaket tebal, masker, syal, sarung tangan, kaos kaki telah lengkap. Kita keluar dari home stay sekitar jam 1 malam. Saat jalan menuju parkiran, kita bertemu dengan pendaki lainnya, dan ternyata mereka menunggu kita untuk tracking bareng. Sempet gak enak juga sih, soalnya kita lumayan lama prepare. Dan kita mengira kalau hanya rombongan kami aja yang tracking, ternyata dari home stay sekitar, sama-sama mau tracking juga.

Para pendaki tersebut naik motor, sedangkan kita naik mobil. Jarak dari home stay ke Ijen lumayan jauh (tapi gak jauh banget). Jalannya sepi, gelap, dan berlika-liku. Wajar saja, karena itu pagi buta. Saat diperjalanan, ada motor dari rombongan tadi yang ban nya bocor, akhirnya penumpang dari motor tersebut ikut bareng kami.

Ternyata, kaka *lupa namanya siapa* rombongan dari Jakarta. Sama-sama jauh untuk tracking ke Ijen. Gak lama dari insiden ban bocor, salah satu rombongan motor tersebut ada yang gak kuat nanjak. Alhasil penumpangnya juga ikut bareng kami. Gak disangka-sangka, kaka yang baru ikut mobil kami berasa dari Bogor, bahkan ia Alumni SMANTI (SMA 3 Bogor). Mereka berdua Mahasiswi UI (Universitas Indonesia).

Kami sarapan dimobil. Setidaknya menyiapkan sedikit tenaga untuk tracking, yang katanya terjal banget. Perjalanan menuju Ijen semakin sempit. Hanya bisa dilalui kendaraan satu arah. Kalau ada kendaraan dari lain arah, harus menunggu giliran. Dan perjalannya semakin keliuk.

Maag gue sempet kambuh, akhirnya gue minum obat maag. Karena efek obat itu ngantuk, dan gak mungkin banget gue buat tidur, makanya gue minum pocari (buat ilangin rasa kantuk). Ternyata, asam lambung gue jadi naik. Gue juga sih yang salah. Harusnya kalo maag kambuh, gue makan aja. Bukan minum obat hahha. Ditambah juga udara diluar dingin banget, dan gue semakin menjadi-jadi. Sepanjang jalan gue cuma bisa diem aja. Gue gak pernah ngerasain sesakit ini *alay banget gua hahaa*.

Finally sampai juga.. sudah banyak banget pendaki yang udah dateng. Pendakian baru dibuka jam 02:00 pagi, jadi kita harus tunggu 30 menit. Karena kita sampe jam setengah 2 pagi. Udaranya itu loh, dingiinn banget. Sampai-sampai kalo kita ngomong, kayak ada asep-asepnya gitu *norak abis*. Sambil nungu Mr.Adit antri tiket, kita coba-coba pake masker.

Start Tracking (02:00 WITA)
Oh ya! Alasan kita buat tracking pagi buta, supaya kita bisa menyaksikan Blue Fire. You know what? Blue Fire hanya ada dua didunia. Salah satunya di Kawah Ijen. Blue Fire muncul dari tengah malam, sampai jam 04:00 (sebelum sunrise). Sebenernya kita bisa tracking agak siangan, Cuma kita gak bisa lihat Blue Fire muncul kalo tracking siang (setelah sunrise). So we choose night tracking, karena kita penasaran banget liat Blue Fire.

Karena malamnya hujan, jadi kita gak bisa sembaragan buat pake masker. Gue juga kurang ngerti itu masker jenis apa, yang pasti gak disarankan untuk pake masker bahan (masker motor). Demi kenyamanan pendaki. Dan dikarenakan jalannya juga licin, jadi kita harus hati-hati banget.

Tracking dimulai..

Kita masih full team, 8 orang bareng-bareng. Masih bisa ketawa-tawa dan ngobrol. Semakin jauh jalan, track nya semakin menanjak. Tapi gak masalah, karena jalannya masih beraspal. Buat para pendaki pemula *kayak gue*, track nya termasuk enak lah.. kita tinggal ikutin jalan aja, karena track yang dipakai, hanya track yang beraspal.

Pendaki rame banget. Mulai dari yang muda sampai yang senior, domestik dan non domestik. Bahkan dari berbagai daerah. Kenapa gue tau? Karena sepanjang jalan kita bisa dengerin sendiri, logat dan bahasa mereka beda-beda *gue gak jauh-jauh dari sotoy wkkwk, tapi emang bener*.

Gak tau kenapa kita berpencar. Gue jalan bertiga sama Ori dan Alvi, kita jalan paling depan. Yang lain masih dibawah. Gue bertiga bareng Ori dan Alvi terus jalan sampai atas, berulang kali istirahat. (Tips: jangan istirahat lama-lama). Kita mutusin buat nunggu temen yang lain, soalnya udah haus banget. Gak lama, Reza lewat sendirian sambil membawa beberapa botol air mineral.

Setelah minum kita melanjutkan perjalanan. Ditambah Reza, kita jadi berempat. Reza kasih kabar kalo ada salahs atu dari kita  gak kuat nanjak, jadinya Mr.Adit nungguin sambil jalan pelan-pelan. Ternyata Kania dan Ajay terpisah juga dari rombongan Mr.Adit.

Jadi kita sama-sama terpisah. Nanti juga ketemu dijalan, batin kita.

Sampai pos satu, kita masih berempat, dan kita istirahat agak lama disitu. Sambil ngobrol-ngobrol bareng penambang belerang, katanya untuk mencapai puncak masih 1,2km lagi, dan menuju kawah dari puncak 800m. Jadi kurang lebih 2km lagi. Hufft..

Jangan terlalu lama juga untuk istirahat, soalnya udara dingin bisa menusuk tulang. Akhirnya gue berlima sama mas penambang blerang melanjutkan tracking. Track dari pos satu semakin menanjak. Perut gue mulai agak sakit lagi, tapi gue paksain demi blue fire wkwkk. Ada suara alam yang bergemuruh. Kita menebak-nebak kalau itu suara kawah? Air terjun? Blue Fire? Hewan? Wkkwkw teryata itu suara angin.

Kita ngobrolin tentang Kawah Ijen dengan Mas *gak tau namanya siapa*. Katanya.. ia bisa setahun dua kali buat main kesini saat kecil. Dan ternyata akhirnya sekarang ia bisa menjadi penambang disini. Hebat banget menurut gue. Mereka (para pendaki) kuat menenteng / sesekali menggendong gerobak untuk belerang. Ditambah lagi dengan bau blerang yang menusuk hidung dan udara yang dingin.

 Mas Lanang (sebut saja Lanang) baik banget nungguin kita bersitirahat. Ia juga penunjuk arah buat kita. Karena semakin menuju puncak, jalannya hanya bisa digunakan 2 orang. Gak bisa segerombolan. Mas Lanang juga kasih tau, untuk turun ke kawah harus menggunakan penjaga. Soalnya track batu licin dan bau blerang yang mengganggu banget.

Gak disangka, dijalan kita bertemu dengan Kania dan Ajay. Jadi kita berenam naik bersama ke puncak. Sampai dipuncak udaranya semakin dingiiinn. Bau blerangnya sudah tercium pekat. Dan tiba-tiba Mas Lanang ilag gitu aja. Mungkin ia buru-buru untuk ambil blerang, pikir gue.

Sayangnya Ori dan Alvi kakinya sakit, jadi harus dibantu sama Ajay dan Reza. Mereka bilang buat gue dan Kania aja yang turun ke kawah. Karena gue juga penasaran banget sama BleFire, akhirnya gue dan Kania mutusin tracking ke kawah.

Blue Fire sebentar lagi udah mau habis jadi kita cepet-cepet turun. Jalannya licin. Nafas kita juga udah terganggu sama bau blerang. Padahal kita udah pake masker yang safety, dan mata udah perih banget (harusnya pake kacamata ski). Gue sempet perih dan berhenti buat istirahat. Kali ini rasa capek gak begitu kerasa, hanya aja bau blerang yang tajem (karena hujan semalam) dan mata rasanya udah perih banget.

Kata para penambang, kabut kali ini paling parah. Padahal ini tinggal sekitar 300m menuju BlueFire, kabut tiba-tiba naik. Dan udara semakin sesak. Tinggal sisa waktu 5 menit untuk liat Blue Fire. Dan gue rasa itu agak susah. Karena kabut, dan mata yang udah perih bangett.

Akhirnya gue mutusin buat naik ke puncak lagi bareng Kania. Saat kita menanjak, kabut pun kembali naik. Dan beberapa kali kita istirahat sambil nutupin mata biar gak begitu perih. Hampir menuju puncak, kita udah dipanggilin sama Ajay dan Reza. Kita berdua putusin buat foto-foto disana aja, karena kabutya juga gak begitu parah.

Kita berdua udah sampai puncak, dan udah ketemu sama Ajay dan Reza. Akhirnya kita putusin buat cari rombongan lain di atas. And finally full team, yeay!

Puncak Ijen (taken by: Mr.Adit)

Kita berdelapan foto-foto. Sampai dirasa cukup foto-fotonya, kita turun lagi. Sambil turun, sambil nikmatin sunrisenya Ijen. Ternyata disekeliling Ijen ada gunung dan bukit-bukit kecil. Pemandagannya keren banget!!

It's cool (taken by me)
“Gue disini ngerasa kecil dan gak ada apa-apanya. Kalau dipikir lagi, gue gak pantes buat sombong dengan apa yang gue miliki. Karena gue kayak gak ada apa-apanya, dengan pemandangan yang gue liat didepan sekarang. Gue harus lebih bersyukur... ini kesempatan gue buat ketempat ini. Bukannya gue berlebihan menanggapi apa yang gue rasain. Cuma kalo dibandingin, emang kita Cuma bagian terkecil ditempat ini..”

Jam 05:00 nya Ijen seperti jam 07:00 pagi di Bogor. Bener-bener terang banget..

Bener kata orang, pulang lebih cepet dari waktu berangkat. Karena kita gak nunggu-nunggu. Buktinya udah sampe parkiran lagi aja. Kaki udah pegel banget, perut juga udah laper. Kita langsung masuk mobil dan otw home stay..

Sebelum ke home stay, kita trip sebentar ke Curug Kembar.

*Info : Para penambang blerang menyewakan grobaknya untuk ojeg turun. Jadi buat kalian yang udah gak kuat untuk turun, kalian bisa naik ojeg gerobak tersebut. Harganya 400k (mungkin bisa nego). Tapi sebanding kok dengan trackingnya yang curam dan jauh.

My Trip,

Tergantung Duit


More post, check my account instagram : https://www.instagram.com/saviraw/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan Pertama, cukup?

Sunsilk Hijab Hunt 2016 (throwback)

I Choose to be Event Organizer